Sabtu, 03 Januari 2009

Finding Forrester

Sutradara : Gus Van Sant
Penulis : Mike Rich
Tanggal Rilis : 19 Desember 2000 (USA)
Jender : Drama
Penghargaan : 4 wins dan 8 nominasi
Pemain : Sean Connery, Rob Brown, F. Murray Abraham, Anna Paquin

Bercerita tentang kehidupan seorang anak laki-laki berkulit hitam berumur enam belas tahun yang berasal dari Bronx. Hidupnya dulu hanya biasa-biasa saja namun berubah menjadi luar biasa. Anak itu bernama Jamal Wallace, ia berubah setelah ayahnya meninggal. Jamal mulai merubah perilaku hidupnya sehingga bakat yang ia punyai pun semakin terlihat. Disetiap ulangan harian ia selalu mendapatkan nilai rata-rata C hingga pada suatu saat yaitu pada ujian standarisasi pelajar dia mendapat nilai yang luar biasa. Sebuah sekolah swasta favorit di pantai selatan amerika pun menawari Jamal untuk pindah dari sekolahnya yang lama. Karena pertimbangan pendidikan dan beasiswa serta untuk mengembangkan hobinya dalam bermain basket, Jamal pun menerima tawaran itu. Tanpa ia ketahui sebelumnya, Jamal berteman dengan seorang kakek-kakek tetangganya yang ternyata adalah seorang penulis novel terkenal yang hilang bernama William Forrester. Forrester yang sudah berhenti menerbitkan tulisan-tulisanya setelah menuai banyak kritikan atas buku pertamanya yang ia terbitkan menjadi guru bagi Jamal dalam menulis. Disinilah jejak-jejak langkah Jamal dan Forrester akan bermula dan berakhir nanti. Apakah yang akan terjadi pada Jamal dan Forrester selanjutnya ?
Film yang dibintangi Sean Connery dan Rob Brown ini sangat menarik, disini kita akan diajak merasakan kehidupan orang-orang negro pinggiran dan bagaimana mereka menjalani hidupnya sehari-hari. Film ini juga dapat memberikan inspirasi pada kita untuk terus berjuang menjalani hidup demi mencapai suatu tujuan. Memang ada sedikit kekecewaan saat menonton film ini karena ada bagian-bagian film yang tidak jelas gambarnya serta bahasa rumit yang mengakibatkan kesulitan dalam penerjemahan ke bahasa lain. Namun hal ini menjadi salah satu daya tarik yang ditampilkan film ini.
Kisah yang ditampilkan dalam film ini sangat banyak sekali memberikan pelajaran bagi kehidupan kita. Berbagai pesan terkandung dalam setiap bagian alur cerita yang disajikan. Mengajarkan pada kita untuk tetap terus berkarya walaupun hal buruk terjadi pada kita, sikap keingintahuan pemeran akan sesuatu dan kerja kerasnya dalam mencapai puncak memberikan suatu inspirasi pada kita agar terus berjuang dalam menjalani hidup. Semua itu ditampilkan dari sosok seorang Jamal Wallace yang menjadi tokoh utama dalam film ini.
Film ini sangat dianjurkan sekali untuk ditonton bagi mereka para penggemar film, khususnya film drama karena disamping tokoh dalam film tersebut merupakan aktor veteran film juga cerita yang disajikan juga cukup bagus. Saya yakin setelah menonton film ini anda akan mendapatkan banyak pelajaran yang berarti dan semangat baru dalam menjalani hidup. Tidak ada salahnya untuk menikmati drama edukasi di akhir minggu anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar